psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

Indonesia pasti akan jadi lebih baik

Memperhatikan semua kejadian yang terjadi di tanah air akhir-akhir ini, layak membuat kita patah arang terhadap masa depan negeri ini.

Ketidakadilan, kekerasan, kejahatan merajalela di negeri ini, sementara para pemimpinnya diam saja, acuh tak acuh dengan apa yang terjadi.

Sebal. marah namun kesedihan adalah hal yang paling kuat kurasakan.

Apa jadinya nasib negeri ini.

Aah, mungkin aku terlalu berlebihan, tapi mengingat kondisiku yang sedang mengandung, tambah kuatirlah diriku tentang apa yang akan terjadi nantinya. Apa yang akan terjadi dengan si buah hati jika kondisi di negeri ini tiada akan membaik jika korupsi makin menjadi-jadi lalu kesewenangan-wenangan yang terlalu dibiarkan begitu saja.

Aah mungkin saya terlalu berlebihan, hormon yang tidak stabil terlalu mempengaruhi emosi saya akhir-akhir ini.

Mari berpikir rasional Ika, toh masih banyak ibu-ibu muda bermunculan di pinggir-pinggir jalan dengan perut membuncit. Bukan ini tanda optimisme dari masyarakat? 🙂

Tapi yah dipikir-pikir buat apa terlalu gelisah dan membuang percuma energi negatif dengan hanya bisa marah-marah dan menggerutu.

Dipikir-pikir, banyak alasan kenapa kita seharusnya masih bisa berpikiran positif tentang negeri Indonesia raya ini.

Aku berusaha memperhatikan sekelilingku dan melihat begitu banyak potensi yang seharusnya membuat kita bisa berharap mengenai masa depan negeri tercinta ini.

Aku punya-punya teman-teman yang luar biasa. Mereka abdi negara yang bukan sekadar abdi negara biasa yang kerjaannya ongkang-ongkang kaki. Mereka pekerja keras yang tanpa ragu mengorbankan waktu dan kehidupan pribadi untuk negara.

Aku ingat temanku Winta, yang selalu semangat mengerjakan pekerjaan kantornya dan rela mengorbankan waktu senggangnya untuk keluarga dan sahabat demi tumpukan pekerjaannya.

Dulu aku selalu memandang sinis para pegawai negeri, melihat mereka hanya sebagai makhluk tak berguna yang hanya menghabiskan duit negara.

Tapi melihat Winta, dan tentu teman-temanku yang lain yang menjadi pegawai negeri. Melihat dedikasi dan semangat tak lelah mereka, aku tahu bahwa negara ini pasti bisa berubah ke arah yang lebih baik.

Lalu begitu banyak inspirasi-inspirasi datang dari orang-orang hebat. Contoh saja, pasangan Iwan dan Indah Esjepe, otak dibalik gerakan Indonesia Bertindah. Oooh mereka sungguh keren sekali, dan saya beruntung bisa mewawancarai mereka (kalian bisa lihat di artikelnya disini). Tapi sungguh, melihat ketulusan dan kerja keras mereka, membuat saya terharu. Aah..masih ada saja orang yang punya semangat untuk menjadikan negeri ini menjadi lebih baik.

dan kamu, saya dan kita.  Apa yang akan kita lakukan untuk mengubah semua ini jadi lebih baik?

No Responses to “Indonesia pasti akan jadi lebih baik”

Leave a Reply

