psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

Berkarya senantiasa

“Terus berkarya yaa” itu adalah pesan yang saya sampaikan kepada teman- teman yang baru punya anak.

Saya berusaha menyemangati mereka untuk tetap produktif dan bereksistensi meski sudah ada si kecil.

Dengan semangat yang sama, saya pun menyusun rencana-rencana besar sewaktu si kecil hadir.

Saya bertekad untuk tidak menyia-nyiakan cuti tiga bulan. Saya berencana melukis, merajut, menulis buku anak, bahkan saya pun berniat pulang ke jogja melakukan ini-itu.

Aah saya memang kelewat ambisius.

Nyatanya tidak ada rencana saya yang terwujud sampai sekarang.

Mengasuh anak adalah komitmen 24 jam, apalagi buat saya yang belum dapat asisten hingga kini dan punya orang tua yang masih bekerja dan tingga.

Mengutip kata teman saya, ngupil pun tak sempat.

Saya benar-benar keteteran. Bahkan mengurus taman belajar pun kerepotan. Untung ada beberapa teman membantu, meski juga tidak bisa selalu mengharapkan. Mau tak mau saya harus berakrobat mengajar sembari menimang dan menyusui si kecil.

Saya sempat sedih menyadari betapa tidak produktifnya saya dan kelas saya yang sepertinya tidak terurus.

Namun, nampaknya saya harus merubah konsep berkarya yang ada di otak saya saat ini.

Berkarya buat saya saat ini bukan hanya menghasilkan buku, lukisan atau sesuatu.

Karya saya saat ini adalah lagu senandung kompilasi acak adut dengan nada-nada fals yang saya lantunkan untuk meninabobokannya.

Saya berkarya ketika saya bisa memandikan si kecil sendiri waktu dia berusaha satu minggu atau bisa menggendongnya dengan kain jarik.

Prestasi saya adalah setiap rewelan yang berubah jadi senyum, malam-malam tanpa tangis, dan juga belaian yang berujung tidur pulas.

Dan kalau dipikir-pikir, saya juga lumayan produktif kok. Seratus lima puluh ml asi sehari apa namanya kalo tidak produktif? 😉

Aah mungkin saya sedang menghibur diri tapi tak sabar diri ini untuk berkarya lagi.

Mungkin kelak denganmu, kecilku?

3 Responses to “Berkarya senantiasa”

  1. One step at a time ika!sempat publish post juga prestasi loh.welcome to the new universe!the one with unconditional love! Kiss for pagi

  2. terimakasih Ai. emang mesti belajar banyak. dan percaya atau tidak, aku baru saja menyelesaikan boneka rajut buat si kecil. Yay! Kecup juga buat tante Ai.

  3. Jangan lupa nyetok asi ya,Bantu bekerja Akan Lebih challenging 😉


Leave a Reply

