psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

Tahun-tahun yang memberi

Dua puluh sembilan tahun lamanya saya telah menerima begitu banyak berkat, sukacita dan anugrah yang tak bosan-bosan datang memberi kejutan.

Dua puluh sembilan tahun bukan waktu yang singkat dan saya berterimakasih buat segala yang bisa nikmati dan cecap selama ini.

Tak tanggung-tanggung, kejutan beruntun pun saya dapat di penghujung dua dasawarsa hidup saya. Saya mendapatkan tiket untuk sekolah lagi dan juga satu makhluk kecil yang membawa warna dalam hidup saya.

Syukur yang tak berkesudahan untuk semua itu.

Jadi sebenarnya kekuatiran saya menjelang umur kepala tiga tidak beralasan. Semesta sudah menjamin hidup saya selama dua dekade lebih, jadi buat apa ambil pusing.

Beberapa orang mungkin sudah menyusun agenda atau target atau rencana untuk hidup baru sebagai makhluk berumur tiga puluh tahun. Saya pun sempat gelisah memikirkannya menjelang detik-detik ulang tahun ke 30 saya.

Tapi melihat begitu banyak hal yang saya terima selama 29 tahun ini, kenapa saya tidak menjadikan tahun ke-30 ini sebagai tahun yang memberi.

Entah apa yang akan saya lakukan. Jujur saja, saya belum punya rincian detil tentang misi saya itu.

Tapi ketika semesta tahu bagaimana dia membagi kebaikannya selama ini kepada saya, saya yakin dirinya akan memberi petunjuk tentang apa yang harus lakukan.

Saya tidak membayangkan sesuatu yang wah dan heroik, karena memberi bisa dengan cara yang sangat sederhana.

Saya ingin sekali mendedikasikan perhatian utuh dan waktu saya untuk membesarkan senyum pagi. Saya juga kepikiran ingin punya seorang anak asuh. Lalu, apalagi ya? Entah, saya belum memikirkannya secara rinci.

Namun, saya berharap semoga saya punya waktu lebih dari 29 tahun untuk bisa untuk memberi dan terus memberi.

No Responses to “Tahun-tahun yang memberi”

Leave a Reply

