psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

02052012

Tanggal 2 mei kali ini membuat saya sedih. Hari ini adalah perayaan tiga tahun tahun taman belajar rumahsenyumpagi. Seharusnya ada perayaan di akhir minggu dengan rangkaian perlombaan seru seperti tahun lalu yang ditutup acara ucapan syukur sederhana nan meriah seperti tahun lalu.

Tapi tidak tahun ini. Beberapa bulan terakhir ini, kelas sabtu sore sudah tidak sebegitu antusias seperti sebelumnya. Hanya segelintir siswa yang datang dan wajahnya pun itu-itu saja. Perpustakaan pun juga menganggur, praktis sudah tidak ada yang meminjam. Bahkan parahnya sudah dua minggu ini kelas kosong. Tidak ada murid yang datang. Sedih sekali rasanya.

Saya berpikir apa yang salah sehingga bisa begini jadinya. Kupikir diriku cukup konsisten selalu berusaha meluangkan waktu untuk mengajar anak-anakku, bahkan seringkali menolak liputan hari sabtu karena ada kelas. Apa karena ada Pagi? Memang kuakui perhatianku sedikit terbagi. Sebagai ibu menyusui, seringkali aku harus berhenti di tengah-tengah mengajar untuk bisa menimang-nimang bayiku. Tapi aku selalu berusaha tidak menelantarkan anak-anakku dengan status baru yang nikmati sekarang ini menjadi ibu. Aku ingat betul bahkan beberapa jam sebelum aku kerumah sakit untuk melahirkan aku masih mengajar mereka dan hampir tidak ada libur setelahnya. Jadi ditengah cuti-cuti melahirkan, aku masih berusaha untuk tetap mengajar.

Apa mungkin materi pelajarannya? Memang karena waktu yang terbatas, pendekatan yang kupakai saat ini lebih praktis. Anak-anak kuajak mengerjakan dan membahas tugas sekolah. Mereka nampaknya senang dengan metode ini dan akupun bisa lebih leluasa bercengkrama dengan pagi. Apa mereka bosan? Setahuku aku sangat fleksibel, ketika mereka mengajak bermain aku pun mengiyakannya.

Kurang apa lagi ya? Mengingat semua usaha, terkadang jadi patah semangat dan berpikir untuk berhenti. Mungkin memang saatnya berhenti, lagian tak lama lagi aku pun akan pergi dalam waktu cukup lama meninggalkan mereka, pikirku suatu ketika untuk menghibur diri. Untung seorang rekan mengingatkanku untuk jangan berhenti. Berbicara dengannya meski hanya lewat diskusi online membantuku menemukan semangat yang meredup. Beberapa solusi dia tawarkan untuk memghidupkan taman belajar yang mati suri dua minggu ini.

Ah. Semoga bisa

Miss ika kangen sekali dengan kalian, anak-anakku.

20120502-214149.jpg

3 Responses to “02052012”

  1. Selamat ulang tahun ke-3, taman belajar senyumpagi! Sepi sekarang pasti hanya gejala sesaat. Miss virtri juga kangen nih sama semua yg di kampung bulak. Maaf ya sdh lama tdk bertandang.

  2. Dearest Miss Ika,

    Semenjak diberi kesempatan untuk kenal dengan anak-anakmu yang lucu-lucu itu, aku punya alasan kuat untuk merayakan 2 Mei. Aku inget pas 2 Mei kemarin nulis ucapan di FB-nya Taman Belajar Rumah SenyumPagi, senangnya luar biasa 😀

    Aku masih utang untuk cerita soal antioksidan ya. Kemarin aku udah nemuin caranya biar cerita antioksidannya ngga kaya bu dokter kasih penyuluhan ke ibu-ibu PKK alias kaga serius…aku pasti siapkan waktu untuk itu.

    Tetep semangat ya Miss Ika yang cantik dengan Pak Kelik yang ganteng. Ato kita jalan-jalan ke museum lagi yuk, Om Springbed siap dijadikan body guard biar anaknya ngga kocar-kacir…eh tapi ntar malah ngeri liat Om Springbed ya, Pagi aja ngeri yak…hahahaha…

    Anyway, terima kasih untuk selalu ada untuk mereka ya Miss Ika. Maaf kalau tim rusuh seperti saya udah lama ngga main ke sana *peluk Miss Ika,sekuat tenaga*

    busyet ini comment udah jadi minipost sendiri hihihihi….sayang ikaaaaaa…

  3. *peluk priska dan virtri


Leave a Reply

