psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

dulu dan sekarang

Dulu:

Saya adalah pelajar sesungguhnya. Sejak SD, saya selalu ranking satu, selalu dapat nilai bagus. bahkan pernah dijuluki gadis 28 SKS oleh seorang kakak kelas, karena di suatu semester, saya mendapat A untuk semua mata kuliah. Mahasiswa ga bener, kata kelik. Parahnya, saya bahkan nangis kalau tidak dapat nilai bagus. Memang memalukan, saya pernah nangis sesenggukkan gara-gara dapat nilai C untuk sebuah tugas kuliah.

Sekarang:

Saya kembali ke bangku kuliah berkat jasa baik pemerintah australia. saat ini saya kuliah di monash university. saya mengambil program double degree, master of journalism dan master of international relations dan baru saja saya melewati semester pertama saya disini. well, 2 dari tiga mata kuliah yang saya ambil, hasilnya lumayan lah, meski gak bagus-bagus amat. tapi untuk satu mata kuliah, saya memang rada babak belur. dari awal kuliah, saya ajah ga ngerti dosennya ngomong apaan. buku-buku sudah saya baca sebelum kuliah, tapi tetap itu dosen selalu buat kejutan dengan pertanyaan-pertanyaan yang bikin semua muridnya frustasi sehabis kuliah. tak kalah mengejutkannya adalah nilai essay yang dia berikan buat saya, yaitu 59. ckckck, cukup lemas saya begitu tahu dapat nilai itu, karena merasa saya merasa cukup bekerja keras untuk tugas yang itu, aah mungkin tidak sekeras yang dia harapkan. tapi alih-alih saya menangis, saya tak kuasa menahan senyum melihat tawa senyum pagi selepas pulang kuliah. 

memang ada yang berbeda, jelas berbeda. mungkin saya tidak sekompetitit dulu. atau mungkin saya sudah jadi mahasiswa yang benar, begitu kata suami saya merujuk pada mahasiswa yang nilainya warna-warni dari A sampai D :))

oiya perhatian untuk yang berencana kuliah, coba ditanyakan kembali apakah anda rela malam-malam dikala anda bisa tidur nyenyak diusik oleh tugas-tugas kuliah dan buku-buku bacaan? heran dulu waktu saya melamar beasiswa kenapa gak ada yang cerita tentang susahnya jadi mahasiswa lagi yah? well, i have warned you guys!!

 

 

 

 

2 Responses to “dulu dan sekarang”

  1. lha, situ gak nanya-nanya dulu sih sama yg sudah punya pengalaman berdarah-darah kuliah lagi. Wong saya saja yg kuliah ambil master pake bahasa Indonesia, cik gu- cikgunya orang Indonesia, cuma bukunya doang yg ke-Inggris-inggris-an masih babak belur dihantam tugas-tugas. Jadi inget jadwal dan makanan sehari-hari kala itu: Pagi jam 7 kuliah – siangan dikit nggarap kerjaan/rapat di kantor — siang dikit kuliah lagi sampe sore- habis itu ke kantor lagi – sore pulang ke rumah – tidur bentar – bangun nggarap paper dengan referensi minimal 3 buku / bikin presentasi – tidur lagi jam 2 pagi. Ah, indahnya….apalagi setelah diganjar dengan lulus cum laude dan GPA 3,93….
    Intinya: enjoy your difficulties instead of happiness

  2. salut buat mba Dewi…keren iih.


Leave a Reply

