psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

petualangan di pasar loak

Yang saya paling suka ketika jalan-jalan di luar negeri adalah mengunjungi flea market atau sunday market. Saya senang karena mendapatkan kesempatan dapat barang bagus dengan harga terjangkau. Tapi bagi saya, ini lebih dari dari sekadar ritual belanja, pergi ke pasar loak seperti pergi kedalam kesebuah petualangan (hahaha lebay emang), tapi memang itu yang saya rasakan. Karena kita tidak pernah menyangka apa yang bakal kita temui disana dan apa yang kita akan bawa pulang.

Pertama kali saya pergi ke sunday market adalah ketika saya di Hamburg tahun 2008. Saya dapat fellowship selama 6 minggu disana, dan minggu terakhir saya menyempatkan diri pergi ke sunday market lokal. Aah rasanya senang banget, hampir seharian saya ngubek-ngubek tempat itu. Saya tidak membeli baju, tas atau sepatu karena mengingat koper saya yang sudah sesak. Jadinya saya berburu perhiasan, dan untungnya saya dapat gelang-gelang lucu hanya dengan 2 euro saja.

Image

First love: sunday market in Hamburg

Semenjak itu jika bepergian ke luar negeri, jika memang waktunya tepat, saya menyempatkan diri ke flea market.

Ketika saya pindah ke Melbourne, salah satu info yang saya cari tahu adalah flea market setempat karena kebetulan saya juga butuh banyak barang-barang dirumah yang baru.

Untungnya semua informasi tentang sunday market disini begitu terorganisir, tinggal beberapa klik dan kita tahu semuanya. Sunday market terkenal di melbourne adalah Camberwell. Saya suka banget disini. Besar sekali, jauh lebih besar dari yang saya temui di eropa. Barang-barangnya pun bagus-bagus, adik saya dan suaminya yang tinggal di Singapore suka banget diajak disini. Suaminya bisa dapat sepatu camper yang masih bagus seharga 20 dollar. Kelik juga dapat sepatu nike dengan harga yang sama.

Biasanya saya kesana untuk beli baju-baju lucu. Saya bisa dapat dress-dress cantik dibawah lima dollar. Dan belakangan saya mendapatkan harta karun. Penjual buku-buku di Camberwell tidak hanya menjual buku-buku lama tapi juga buku-buku baru dengan harga miring. Saya beli buku JK Rowling terbaru seharga 300 rb hanya cukup 2 dollar dan biografi Steve Jobs yang baru juga dijual dengan harga yang sama. Aaah paham kan kenapa ini saya sebut sebagai petualangan??

Pasar loak khusus anak-anak pun ada. Namanya kids and baby market, jika pagi butuh barang atau baju, saya pun semangat pergi kesana. Dasar orangtua kere hahaha. tapi dipasar ini, barangnya bagus-bagus dan tentu saja murah. saya dapat baju-baju anak bermerek seperti esprit, pumpkin patch, hanya 1-2 dollar an. Mainan pun bervariasi, semuanya hampir ada. Biasanya saya yang hunting baju, Kelik yang hunting mainan buat pagi. Sama-sama seru.

Ketika awal tahun saya dan adik saya pergi ke Sydney, kami pun meluangkan waktu satu hari pergi dari satu pasar ke pasar lainnya. Kami pergi ke Rozelle Market kemudian Paddington Market  (tapi ini bukan flea market, lebih ke pasar untuk seniman-seniman lokal sydney, barangnya memang bagus2 tapi yah itu mahaaal :)), dan terakhir ke Surry Hills.

Memang pasarnya tidak sebesar Camberwell, tapi bisa dilihat bahwa penjualnya cukup kawakan, barang-barangnya bagus-bagus dan lebih mahal. Kalau di Camberwell masih bisa ditemui banyak orang-orang setengah desperate yang memang sedang butuh membuang barang-barangnya dan mereka siap melepasnya dengan harga 1-2 dollar an. Asiknya pasar loak di Sydney, mereka bertempat di public area yang dekat dengan playground, jadi anak-anak juga tidak mati kebosanan menemani orangtuanya berbelanja. Bahkan di Rozelle, ada juga live music-nya, dan pagi sempat berdansa bareng bibinya :))

Aah sayang, belum begitu banyak even seperti ini di Jakarta. Well, saya pernah menulis artikel tentang fenomena ini di Indonesia. Sebenarnya tidak terlalu sulit buatnya, hanya butuh koordinasi dan marketing yang okey. Saya juga menulis di post sebelumnya bagaimana jual beli barang-barang bekas ini bisa mereduksi kebiasaan untuk menyampah ketika kita berpikir bahwa barang yang kita punya masih bisa bermanfaat untuk orang lain.

Melalui tulisan ini, saya hendak berbagi tips berbelanja di flea market

1. Cari info mengenai jadwal, meskipun disebut sunday market terkadang mereka buka hari sabtu dan tidak disetiap minggu

2. Biasanya rencanakan ingin mencari apa, misalnya saya ingin cari sepatu. Yah sudah fokus cari sepatu baru liat yang lainnya, karena kalau enggak bakal jebol dompet sedangkan kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Fokus itu penting.

3. Mungkin membuat range budget ketika berbelanja bisa juga menolong memberi panduan, karena kalau tidak bakal susah. Kalau saya biasanya beli baju tidak lebih dari 10 dollar. Karena bagaimanapun juga ini barang bekas :))

4. Jika menemukan sebuah barang yang cocok dihati dan dompet, jangan ragu, langsung ambil. Jangan berpikir dua kali, karena menurut pengalaman, begitu balik lagi, pasti barang sudah hilang. Remember the finder is the keeper :))

5. Jika ingin berbelanja yang efektif, coba berpisah dengan pasangan anda. Karena kalian pasti punya orientasi dan tujuan yang berbeda. Dalam kasus saya, saya biasanya suka hunting baju dan pernak-pernik, sedangkan kelik paling suka liat barang-barang antik dan mainan. Ingat momen itu penting di flea market, siapa cepat dia dapat :))

6. Masalah tawar-menawar coba liat kebiasaan orang lokal, di sini mungkin liat2 orangnya, terkadang kalau beruntung mereka sendiri yang menawarkan potongan harganya. Sedangkan saya tahu kalau di Jerman, menawar itu gak lazim.

Mungkin saya bakal menambah daftarnya ketika saya pergi ke sunday market lainnya. Saat ini saya berencana pergi ke Coburg Trash and Treasure Market. saya dapat bocoran dari seniman lokal disini, katanya pasar itu bagus dan lebih murah dari camberwell. wow. Seniman tersebut bilang mereka dapat barang-barang antik yang bagus disana, termasuk gramofon antik dari tahun 1928 di pasar itu. wow lagiiii.

Aah tak sabar untuk petualangan selanjutnya :))

No Responses to “petualangan di pasar loak”

Leave a Reply

