psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

belajar itu (seharusnya) menyenangkan

Aah..maafkan sebelumnya jika saya terlalu banyak mengeluh ini itu masalah kuliah. Emang dasar orang tidak tahu diri ika ini, udah sekolah dibayarin, masih saja ngeluh…tapi membayangkan diri ini tiap hari hanya memikirkan word limit essai itu kok rasanya ngelu banget sih. Orang sibuk membangun bangsa, membela negara, lha saya mikir kemana saya nyari tambahan huruf….

mungkin lebai aja saya ini, sebenarnya kuliah juga cuma 3 bulan. memang sih marathon, kuliah intensif tiap minggu belum lagi tugas-tugas. heboh pokoknya..tapi jatah libur pun tidak kalah heboh, semester kemarin saya libur bukan kepalang lamanya, senangnya bukan main, tapi begitu balik ke kampus, kumat lagi penyakitnya.

Sehabis pulang kuliah, berjalan dari bus loop kerumah, setelah ngendon di perpustakaan atau ketemu supervisor dan pusing dengan banyaknya yang harus saya kerjakan…saya selalu bilang kediri sendiri: this is what you want ika, don’t complain…*tampar diri sendiri*

Saat ini saya sudah hampir sebulan kembali sekolah dan sudah dua tugas kuliah yang saya kumpulkan. Minggu depan, saya harus mengumpulkan satu tugas lagi dan menyerahkan draft pertama bab literature review ke supervisor saya.

Di balik semua proses berdarah-darah, saya berusaha menghipnotis diri sendiri bahwa ini semua adalah sebuah proses pembelajaran dan belajar itu seharusnya proses yang menyenangkan. ya kan? mmmm iya gak yah…

Iya dong ka… semester lalu saya belajar bagaimana membuat dan mengedit halaman koran. Wow, saya gak menyangka saya bisa melakukannya…saya yang gaptek teknologi ini, bisa juga ternyata nge layout halaman pake komputer..widiih, gak nyangka

dua minggu lalu, saya baru membuat sebuah berita radio, dan minggu lalu saya bikin berita multimedia lengkap dengan videonya yang saya syuting dan edit sendiri..well, gak canggih2 amat sih, tapi bagi orang yang belajar photoshop aja lama banget ngertinya (itu kata kelik yah) lumayan deh…

saat ini saya juga sedang mengerjakan thesis, mmm…sebenarnya saya gak menyangka bakal bisa ambil unit riset, soalnya untuk mengambilnya nilainya harus minimal B…eh, ternyata nilai saya pas B saudara-saudara (Iya dapat B terus bangga gitu hahaha) dan karena kebetulan kuliah saya yang lain bentrok, jadilah saya ambil unit riset saya ini. 

Sempet menyesal karena ini unit berat juga, saya harus ketemu supervisor tiap minggu, dan saya tidak hanya punya 1 atau 2 supervisor, tapi tiga, sebuah keberuntungan buat saya? iya mungkin karena mahasiswa PhD aja gak semua bisa dapat 2 pembimbing tapi benar kata orang banyak kepala malah tambah pusing. 

Yang sedikit menghibur saya adalah proyek ini adalah proyek penelitian ini memang yang saya inginkan dari awal kuliah, dan untungnya dari pertama para pembimbing saya sudah menyetujuinya…proyek ini penting buat saya karena akan saya gunakan untuk meraih mimpi saya selanjutnya…

ah, mungkin mata ini harus dipaksa melihat kedepan..jauh kedepan…supaya berhenti meratapi kekinian yang menyiksa ini.

dan saat ini saya sedang membuat tugas berita radio lain yang harus dikumpulkan hari jumat. setelah kesana-kesini nyari berita, akhirnya ketemu juga…tinggal pusing menyusun dan mengerjakannya saja dudududu tapi setidaknya lewat proyek ini kesampaian juga jadi pembawa berita radio hehehehe

tuh kan, belajar itu seharusnya menyenangkan. chin up, cheer up!

 

 

 

 

 

 

 

2 Responses to “belajar itu (seharusnya) menyenangkan”

  1. Proyek apakah? Sepertinya menyenangkan! *kepo* 🙂

    Semangaattt ya, ika!!!!!

  2. sudah dijawab di postingan setelah ini yah vir…:)


Leave a Reply

