psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

Pengorbanan dan Pilihan

Saat ini saya terlempar ke memori hampir dua bulan lalu. Saya meringis pilu sambil mengelus-elus punggung anak saya Pagi, di sebuah penginapan tak jauh dari candi Borobudur.

Dalam kunjungan singkat, sehabis lebaran, kami memutuskan singgah ke borobudur dan menginap sehari disana karena kami ingin menikmati pemandangan candi terbesar didunia kala matahari terbit.

Tapi rencana tinggal rencana, karena tiba-tiba malamnya Pagi sakit dan muntah-muntah hebat. Subuh harinya, kami pikir dia rada mendingan, tapi ternyata jalan sekitar beberapa meter dari penginapan, dia kembali muntah-muntah, jadilah kami kembali lagi ke penginapan.

Tidak hanya itu, rencana liburan pergi ke pantai pun pupus sudah, karena setelah Pagi sakit, giliran saya yang sakit.

Aah sedih banget waktu itu. Hormon dan kesedihan pun membuat saya berpikir bagaimana memiliki anak membuat saya mau tidak mau harus mengalah dalam semua rencana-rencana, keinginan-keinginan dan ambisi-ambisi saya.

Sebelum punya anak, saya lumayan sering jalan-jalan, tapi saat ini, boro-boro yah. Saya pikir ibu saya lebih sering jalan-jalan daripada saya. Ibu saya itu baru pulang dari Singapura mengunjungi adik saya yang tinggal disana, sementara saya harus menerima kenyataan bahwa paspor saya lagi-lagi dicuekin entah sampai kapan.

Jalan-jalan pun tidak lagi sesederhana dulu. Sekarang semuanya harus lebih dipersiapkan. Kenyamanan anak adalah hal yang paling utama. Ini pun berimbas pada budget yang lebih besar. Jadi kalau pun jalan-jalan semuanya harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya baik dalam hal perencanaan maupun pendanaan.

Saya sadar menjadi seorang ibu adalah privilige yang luar biasa, tapi dalam privilige ada bentuk-bentuk pengorbanan kecil yang harus dilakukan figur ibu demi anaknya.

Tapi saya sedikit enggan menyebutnya pengorbanan, terlalu heroik kayaknya. Saya sadar bahwa bentuk-bentuk pengorbanan itu adalah konsekuensi atas pilihan-pilhan yang dibuat seorang ibu untuk anaknya.

Saya tidak bermaksud menggerutu dalam postingan kali ini. Saya bersyukur sekali bisa diberikan kesempatan untuk menjadi seorang ibu dari seorang putri yang luar biasa. Dan, keluhan menjadi bukan pada tempatnya, karena saat ini saya sedang hamil anak kedua.

Hamil kali ini mengerem segala bentuk ambisi yang saya punya untuk karir saya. Saya punya banyak rencana setelah saya lulus dan kembali dari Australia. Tapi saat ini, prioritas saya adalah anak dalam kandungan. Karena pertimbangan itulah, saya harus mengesampingkan beberapa rencana saya untuk mengembangkan karir, menggeluti bidang jurnalisme online yang menjadi ketertarikan saya akhir-akhir ini, belum lagi banyak yang harus ditunda karena kondisi saya, misalnya untuk melamar fellowship ke luar negeri atau proyek-proyek pribadi lainnya.

Tapi sekali lagi, ini adalah pilihan saya, karena saat ini saya tidak lagi memikirkan saya sendiri, tapi juga makhluk-makhluk kecil yang saya cintai.

Dulu awal-awal bekerja sebagai wartawan, salah satu kalimat penghibur saya yang dicetuskan oleh sahabat saya odit adalah “i am doing this for the kids”. Kalimat ini cukup mujarab untuk menghibur diri dikala deraan deadlines yang bertubi-tubi dan jadwal wawancara yang seakan tidak ada habis-habisnya, membayangkan kami para kroco-kroco wartawan ini melakukan sesuatu buat masyarakat.

Dan kali ini, saya, seorang ibu, ingin juga mengadopsi semangat itu atas semua pilihan-pilihan yang saya buat. Bahwa saya juga melakukannya untuk anak-anak, tepatnya anak-anak saya sendiri. I am doing this for the kids, my kids :))

Advertisements

No Responses to “Pengorbanan dan Pilihan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: