psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

Mengapa campervan di Selandia Baru?

Setelah melakukan berbagai riset sana-sini, jalan-jalan dengan campervan adalah cara paling praktis dan terjangkau bagi para wisatawan yang mengunjungi Selandia Baru, terlebih buat mereka yang datang membawa rombongan.

Ada beberapa alasan mengapa campervan adalah moda transportasi yang tepat untuk jalan-jalan di Selandia Baru:

  1. Murah meriah

Dibanding dengan moda transportasi yang lain, campervan jelas lebih murah. Selandia Baru adalah negara yang amat luas namun sayangnya sarana transportasi umum hanya ada di kota-kota besar dan tidak menjangkau tempat-tempat wisata yang lokasinya terpencil. Satu-satunya cara mengakses tempat-tempat wisata tersebut adalah dengan menggunakan fasilitas bis tur wisata yang harganya tidak murah. Disamping itu, menyewa campervan, pengeluaran untuk penginapan bisa diminimalisir karena kita bisa tidur di mobil. Kita juga menghemat pengeluaran untuk makan, karena campervan juga dilengkapi dengan fasilitas memasak seperti kompor dan alat-alat dapur jadi kita bisa masak sendiri. Kita hanya perlu membeli bahan-bahannya di supermarket terdekat. Sebagai gambaran, saya menyewa campervan selama 2 minggu dengan tarif sekitar $70 per malam untuk 3 orang (2 dewasa, satu anak-anak). Itu jauh lebih murah ketimbang menginap plus makan, karena kami tinggal membeli bahan makanan di supermarket dan masak sendiri.

  1. Fleksibelitas

Dengan menyewa campervan, kita bisa memiliki keleluasaan untuk menentukan jadwal kita sendiri. Kita tidak bergantung pada jadwal-jadwal yang biasanya ditentukan oleh paket-paket wisata maupun jadwal angkutan umum. Jika kita ingin mengeksplor suatu daerah berhari-hari, kita bisa dengan bebas melakukannya tanpa harus pusing-pusing memikirkan penginapan dan tentu biayanya. Kita juga bisa berhenti dimanapun kita suka untuk mengabadikan pemandangan yang indah. Keleluasaan semacam itu penting sekali mengingat Selandia Baru dipenuhi oleh pemandangan alam yang cantik di setiap jengkalnya. Yang paling asik, campervan juga memungkinkan kita menjelajahi tempat-tempat seru yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Untuk itu, jangan ragu untuk menjelajahi rute-rute terpencil karena pemandangan yang menanti disana dijamin tiada duanya. Berkat campervan, kami akhirnya nyasar ke tempat-tempat cantik yang bukan daerah turis. Kami naik ke salah satu puncak tertinggi sepulang dari mengunjungi danau cantik Lake Tekapo, kami juga akhirnya menginap di tempat penginapan seru yang semua bangunannya jadul bahkan penghangatnya dari batu bara, yang paling asik tentunya bisa berhenti di sepanjang jalan. Dan tak terhitung betapa banyak pemberhentian yang kami lakukan demi mengabadikan cantiknya Selandia Baru.

20141125_181749PANO_20141123_160407

20141124_165345IMG_20141125_174032IMG_20141129_084716

Dengan campervan, kita juga bisa menelusuri kedua pulau Selandia Baru, Pulau Utara dan Selatan. Kita hanya perlu membeli tiket untuk naik ferry. Bisa didapatkan di https://www.interislander.co.nz/ dan https://www.bluebridge.co.nz/. Supaya tidak bolak-balik, atur pengambilan campervan di Pulau Selatan dan pengembalian di Pulau Utara, atau sebaliknya. Tapi karena kecerobohan saya mengharuskan kami mengambil dan mengembalikan di Christchurch. Tapi memang pulau selatan lebih indah daripada pulau di Utara, jadi gak rugi-rugi amat 🙂

  1. Praktis

Menyewa campervan sangatlah praktis. Kita tidak perlu pusing-pusing mencari penginapan ataupun transportasi untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Kita tidak perlu repot-repot menggotong koper-koper dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya, semuanya tinggal kita masukkan saja ke dalam bagasi.

Bagaimana menyewa campervan

Campervan adalah sejenis kendaraan yang dilengkasi fasilitas tempat tidur yang memungkinkan pengendara untuk tidur didalamnya. Jadi jenis kendaraan memiliki dwi fungsi tidak hanya sebagai alat transportasi tapi juga tempat bermalam. Kapasitas campervan bervariasi mulai untuk 2 orang sampai 6 orang. Istilahnya yang dipakai adalah berth yang mengacu pada jumlah fasilitas tempat tidur yang disediakan setiap kendaraan.

Sebenarnya prosesnya tidak sesulit yang diperkirakan banyak orang. Asal anda memiliki SIM Internasional, pasti anda bisa menyewa campervan. Saya kebetulan sudah berpengalaman menyewa campervan sewaktu berkunjung ke Tasmania. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menyewa campervan:

  1. Bandingkan harga

Ada beberapa website yang memungkinkan calon penyewa membandingkan harga antara perusahaan rental yang satu dengan yang lain. Bisa dilihat di www.drivenow.com.au atau www.campertravel.co.nz Calon penyewa juga bisa melihat spesifikasi kendaraan yang disewa melalui situs-situs ini. Saya sendiri sewaktu jalan-jalan ke New Zealand menggunakan spaceship yang memang murah sekali harga sewanya. Per-harinya, saya membayar NZD$ 70 di bulan November. Dan ternyata mereka memberi nama unik buat masing-masing unit mobilnya. Kami kedapatan mengendarai Darth Sidious.

20141119_112930

Perusahaan rental lainnya yang harganya cukup bersaing di sana adalah Juicy Rental. Sedangkan jika tertarik dengan kendaraan dengan fasilitas premium, maka Maui atau Britz menjadi pilihannya.

  1. Pergi dengan anak-anak

Pastikan jumlah penyewa sesuai dengan jumlah tempat tidurnya, meskipun anda membawa anak kecil, mereka juga dihitung satu orang. Peraturan lalu lintas di Selandia Baru mengharuskan pengendara untuk memakai car seat jika membawa anak-anak. Hal ini juga berlaku untuk campervan. Sayang sekali tidak semua campervan dilengkapi dengan fasilitas pengait untuk car seat. Jadi sebaiknya dicek juga spesifikasinya.

20141129_082543_HDR

  1. Peraturan lalu lintas

Peraturan lalu lintas di Selandia Baru tidak begitu sulit hampir sama seperti di Indonesia. Namun sebaiknya semua peraturan hendaknya dipatuhi karena jika tidak ingin ditilang. Jangan kira bahwa hanya karena kita berkunjung sebentar maka kita akan terbebas dari denda jika melanggar peraturan. Kita masih tetap harus membayar yang biasanya didebet langsung dari kartu kredit yang infonya biasanya diminta oleh perusahaan rental untuk jaga-jaga ketika hal seperti pelanggaran lalu lintas terjadi.

Perlu diketahui di Selandia Baru, pengendara menyupir di sebelah kiri. Peraturan lainnya yang perlu diperhatikan hampir sama dengan yang di Australia dan beberapa peraturan itu adalah.

  1. Dahulukan pengendara di kanan

Prinsip utama mengendara di Selandia Baru adalah utamakan pengendara di sebelah kanan. Di setiap bundaran, tunggu giliran anda hingga tidak ada pengendara melaju dari sebelah kanan. Untuk mendahului kendaraan lain, gunakan jalur sebelah kanan. Dan pastikan anda mendahului di tempat yang sudah disediakan yang biasanya disebut passing lane.

2. Batas kecepatan

Perhatikan tanda batas kecepatan di pinggir jalan. Jangan sekali-sekali melanggarnya jika tidak ingin ditilang. Batas kecepatan maksimal berkendara disana adalah 100 km per jam . Meskipun banyak jalan sepi yang menggoda kita untuk ngebut, tetaplah dalam batas 100 km per jam karena banyak patrol polisi di pinggir jalan ataupun kamera yang siap melaporkan segala pelanggaran.

IMG_20141123_163049

Selain itu pengendara juga sebaiknya menuruti tanda batas kecepatan di papan kuning. Ini adalah rekomendasi yang diberikan jika pengendara melewati daerah-daerah rawan seperti tikungan atau tanjakan supaya aman.

20141123_163040_HDR

3. Parkir

Sistem parkir yang ada di Selandia Baru cukup rumit dan kita harus benar-benar memperhatikan rambu-rambu yang ada. Perhatikan batas waktu parkir yang disediakan di setiap area parkir. Jangan melanggarnya jika tidak ingin mendapat surat tilang. Dalam perjalanan jika menemukan pemandangan cantik, sebaiknya jangan berhenti sembarangan karena sudah ada tempat yang disediakan yang disebut lookout point

IMG_20141130_181441

4. Menginaplah ditempatnya

Meskipun kita bisa menginap di campervan tapi kita tidak boleh memarkir campervan-nya sembarangan di pinggir jalan. Dendanya cukup lumayan jika ketahuan sampai NZD$ 200. Selandia Baru telah menyediakan area-area tertentu khusus untuk pengendara campervan beristirahat. Ada dua tempat area menginap untuk campervan:

  1. Holiday Parks

Ini semacam tempat rekreasi buat pengguna campervan. Disamping menyediakan tempat parkir untuk campervan, mereka juga menyewakan kamar atau kabin untuk mereka yang jenuh menginap di mobil. Fasilitas yang disediakan termasuk kamar mandi dan dapur. Bahkan ada juga yang dilengkapi playground dan kolam renang. Harganya bervariasi tentu saja tergantung fasilitas yang disediakan.

2. Area perkemahan milik departemen kehutanan setempat (DOC camp sites)

Tempatnya terpencil dengan minim fasilitas biasanya hanya toilet dan air bersih tapi sewanya murah biasanya NZD$6 per orang. Jika beruntung, bahkan ada yang gratis atau sesukarelanya. Jika ingin berpetualang dan merasakan alam Selandia Baru yang asli, disarankan menginap di DOC camp sites. Namun di area perkemahan seperti, kita harus memastikan spesifikasi kendaraan kita memungkinkan untuk menginap disana karena jika ketahuan melanggar akan kena denda juga. Campervan memiliki dua spesifikasi yaitu yang memiliki toilet (self contained) dan tidak memiliki toilet (non self contained). Jadi kita naik campervan tanpa toilet sebaiknya menginap di daerah yang memperbolehkan.

IMG_20141125_085303

IMG_20141122_081558

20141124_174831_HDR20141123_083844_HDR

Untuk mengetahui tempat-tempat menginap campervan ada website dan aplikasi yang cukup membantu. Cari saja aplikasi Official Camping NZ yang bisa diakses di android dan iOS atau klik saja https://www.rankers.co.nz/respect.

IMG_20141126_070231

  1. Tips dan Tricks
  1. Rice Cooker

Mengingat pentingnya nasi buat orang Indonesia, sebaiknya kita membawa rice cooker mini selama perjalanan. Belanja beras bisa dilakukan di supermarket lokal. Selanjutnya gampang, lauk tinggal goreng atau bakar. Jangan kuatir jika campervan yang dipilih tidak menyediakan colokan listrik. Kita bisa numpang di pemberhentian holiday parks.

2. Mampir di holiday parks

Meskipun banyak tempat pemberhentian yang murah, disarankan untuk mampir di holiday parks demi membuang rasa jenuh tidur di mobil. Dengan berhenti di holiday parks, kita juga bisa berhenti untuk mandi dan mencuci pakaian kotor. Saya sendiri mengatur jadwalnya 2 hari menginap di kawasan perkemahan yang murah atau gratis, dan hari ketiga kami menginap di holiday parks untuk mandi sepuasnya, cuci baju dan lain-lain.

20141129_082431_HDR

3. Bawa/sewa toilet portable

Sebaiknya menyiapkan toilet portable untuk jaga-jaga jika ingin buang air di tengah jalan. Toilet portable juga cukup membantu jika kebetulan menginap di tempat yang toiletnya rusak atau tidak nyaman.

4. Pastikan mobilnya diasuransi

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ketika menyewa campervan juga mengikutsertakan asuransi untuk meminimalisir pengeluaran jika kerusakan terjadi pada campervan yang disewa.

5. Cek semuanya

Waktu pemesanan sebaiknya memeriksa kembali tempat pengambilan dan pengembalian kendaraan dan juga waktunya. Jangan sampai harus bayar lagi karena telat mengembalian. Waktu pengambilan campervan, sebaiknya memeriksa semua kondisi mobil sebelum diambil untuk memastikan segala kerusakan yang ada, untuk mencegah kita membayar kerusakan yang sebenarnya sudah ada.

Advertisements

No Responses to “Mengapa campervan di Selandia Baru?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: