psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

Catatan akhir tahun

Empat hari tahun 2016 akan berakhir. Tahun yang cukup berat buat saya, begitu banyak kehilangan dan juga keresahan. Saya hanya berharap semoga tahun yang mendatang akan lebih baik buat saya dan juga orang-orang di sekeliling saya.

Di penghujung tahun ini, izinkan saya membuat catatan kecil tentang apa yang saya sudah capai dan apa yang saya rencanakan di tahun depan. Semoga dari catatan ini saya bisa menarik pelajaran dan berbuat lebih baik di tahun 2017.

Resolusi saya untuk tidak sama sekali tidak belanja tahun ini tidak sepenuhnya bisa saya penuhi ternyata. Bulan ini saya terpaksa harus belanja baju darurat karena baju yang saya kenakan basah kehujanan. Saya akhirnya membeli baju yang dijual sekretaris di kantor dan sayangnya setelah itu saya demam. Aaah…semoga bukan gara-gara baju baru yah :))

Melanjutkan resolusi tahun ini, saya ingin mencoba menerapkan hidup minimalist yang lagi gandrung di Jepang. Saya melihat hidup yang lebih sederhana dan tidak kompleks dengan menerapkan pola hidup yang seperti itu. Berkecukupan dan tidak berlebihan. Tidak macam-macam.

Saya menyadari bahwa semua yang saya lakukan di tahun ini sedikit egois. Semua berpusat pada saya, atau setidaknya pada keluarga saya, dalam hal ini tentunya kedua anak saya. Saya berharap di tahun 2017 nanti, saya bisa melakukan sedikit buat orang lain dan orang sekitarnya. Apa itu? saya belum tahu. Semoga ada pencerahan nantinya karena niat itu sudah ada.

Saya baru saja meng-uninstall Facebook di hp saya. Saya pikir kehadirannya sudah cukup mengganggu. Saya berpikir untuk membatasi kehadiran saya di media sosial. Mungkin tidak se-hardcore orang-orang karena sayangnya media sosial adalah alat komunikasi saya dengan banyak sekali teman-teman saya yang ada di belahan bumi lain. Dan sebagai wartawan, saya sadar bahwa informasi adalah kunci sementara banyak informasi yang saya dapat melalui media sosial. Yah, kita lihat saja apakah ini akan berhasil.

Saya juga menyadari banyak yang saya lakukan fokusnya ke hal-hal yang materialistis dan fisik sementara. Tidak belanja, olahraga rutin, makan sehat. Semua itu saya lakukan di tahun ini tapi saya juga ingin di tahun yang baru saya juga lebih bisa menata emosi, bisa lebih sabar, tidak terburu-buru, lebih santai dan bisa lebih bijaksana.

Tahun baru nanti saya juga memulai profesi baru, sebagai seorang pengajar. Semoga ini bisa satu jalan untuk menentukan apa yang saya cari dan inginkan kedepannya.

Semoga saya juga bisa menulis lebih sering juga tidak hanya duduk di belakang meja dan mengedit, mengedit dan mengedit.

Terakhir, saya ingin jadi ibu yang lebih baik buat anak-anak saya. Saya masih belajar, belajar dan belajar. Semoga saya bisa.

 

2017, bring it on!

No Responses to “Catatan akhir tahun”

Leave a Reply

