psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

Liburan asik dan murah di Jepang ala rombongan odong-odong bagian pertama

Sudah cukup lama, saya dan suami ingin pergi liburan ke Jepang. Apalagi suami saya yang memang ngebet ke negara asal Hayao Miyazaki, sutradara favoritnya. Jadi begitu dapat tiket murah tahun lalu dari Japan Airlines, langsunglah diambil. Saya sih tidak seantusias dia. Biasa saja. Jadi untuk urusan jadwal dan kemana saja, saya sih manut pak suami saja. Pesan saya hanya satu: saya ingin benar-benar merasakan kehidupan dan budaya orang Jepang. Kalau bisa mencoba kebiasaan-kebiasaan ala orang Jepang. Niatnya sih pengin belajar budaya baru dalam waktu dua minggu.. Bisa gak yah?

Karena cukup hectic dengan kerjaan, suami saya dan saya benar-benar memastikan semua hal yang berkaitan dengan kepergian kami ke Jepang satu minggu sebelumnya. Mulai dari tiket perjalanan, visa, tempat menginap dan tukar duit Yen. Tiket penerbangan sudah kami kantungi dari setahun yang lalu. Lagi-lagi karena membawa anak kecil, selain harga murah, kami juga memikirkan kenyamanan.. Dan Japan Airlines kebetulan memberikan kedua hal itu. Maskapai penerbangan ini didaulat sebagai salah satu yang terbaik jika saya baca-baca review di Internet.

Untuk itinerari, saya rasa apa yang suami saya susun cukup unik dan juga asik. Jadwal yang dia susun cukup mengakomodasi keinginan saya. Saya pribadi merasa bahwa setiap orang seharusnya menyusun itinerarinya sendiri. Jangan nyontek, karena setiap orang punya kebutuhan dan kesukaan yang berbeda satu sama lain. Jadi sebelum menyusun itinerarinya, tentukan dulu apa yang dicari. Jika sudah, tinggal minta mbak Google membantu. Mungkin untuk tips mencari yang murah-murah boleh lah bisa saling mengintip. Serial postingan ini dan yang akan datang berniat memberikan informasi bagaimana mendapatkan liburan yang berkesan di Jepang tanpa perlu keluar duit banyak.

Selain pergi ke tempat-tempat wisata, saya pribadi ingin merasakan kehidupan di desa dan kota Jepang. Saya ingin mencoba mandi Onsen di tempat pemandian umum. Saya ingin mencoba kimono. Saya juga ingin tahu banyak tentang perkembangan teknologi Jepang yang canggih.

IMG_20170527_025844

Akhirnya kesampaian juga foto sekeluarga dengan kimono dengan harga murah. 

 

Sebagai gantinya kami pergi ke museum nasional (Tokyo National Museum) dan belajar banyak tentang Jepang disana. Salah satunya saya baru tahu ternyata inspirasi Star Wars itu datang dari Jepang. Suami saya dengan kecewa hanya bilang,” kemana aja sih kamu?” Hahaha, iya saya baru ngeh setelah melihat langsung patung samurai dengan topeng hitam terpampang di salah satu sudut museum persis seperti Darth Vader. Saya juga melihat replika-replika pedang samurai yang modelnya ditiru light saber. Yak ampun, kemana saja saya hahaha.

Museum yang tidak bisa dilewatkan adalah Miraikan (The National Museum of Emerging Science and Innovation) yang selain murah juga Jepang banget. Anak-anak pasti sukaaa. Di sana kami bertemu dengan Asimo, robot canggih yang bisa bergerak, berlari dan berbicara. Tidak hanya itu, Asimo ini bisa menyanyi dan main bola. Selain Asimo, pengunjung bisa berinteraksi dengan kecanggihan teknologi Jepang lainnya. Yang paling okay tentu berinteraksi dengan robot yang mirip dengan manusia. Planetarium di tempat ini juga yang paling canggih dan paling yahud yang pernah kami kunjungi selama ini, lebih bagus dari yang di Australia setidaknya.

 

Namun untuk masalah destinasi, kami menurut rekomendasi orang yang menyarankan sebagai firsttimer di Jepang, tiga kota yang harus kami kunjungi adalah Tokyo, Osaka dan Kyoto. Suami pun menambah satu destinasi yaitu Kawaguchiko, kota yang dekat dengan gunung Fuji. Entah kenapa dia pengin lihat gunung Fuji lebih dekat. Ya sudahlah manut, toh juga letaknya di desa, Jadi bisalah melihat kehidupan disana seperti apa.

IMG_20170517_095828

Foto wajib dengan manhole di Jepang yang terkenal unik. Ini foto dengan salah satu manhole di Osaka.

Sayangnya selama 15 hari perjalanan kami di Jepang kali ini, niatan untuk berkunjung ke studio Ghibli belum kesampaian. Waktu disana, studionya lagi direnovasi. Aah, bisa jadi alasan buat kembali ke Jepang lagi dong 🙂

 

 

 

 

Advertisements

No Responses to “Liburan asik dan murah di Jepang ala rombongan odong-odong bagian pertama”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: