psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

Tes tes tes

Minggu ini saya memasuki waktu Indonesia bagian deg-degan karena anak bakal ujian tengah semester. Fiuuh, akhirnya ngerasain juga perasaan senewen ibu-ibu yang kelimpungan membantu persiapan anak-anaknya ujian. Dulu sih masih bisa petantang petenteng waktu Pagi masih di TK. Sekarang? Si mbarep sudah kelas satu dan sudah menghadapi serangkaian ulangan di semester pertama ini.

Saya sangat peduli dengan aktivitas dan kegiatan Pagi di sekolah. Itu salah satu alasan ikut WA grup ibu-ibu kelas satu-satu; biar lebih updet. Saya selalu berusaha berkomunikasi dengan gurunya dan rajin bertanya untuk menunjukkan bahwa ya saya peduli.

Masalah ujian ini, saya juga bingung kenapa saya gak bisa santai kayak si suami yah. Padahal dari pengalaman saya bersekolah, saya seharusnya bisa lebih cuek bebek. Saya dulu langganan ranking satu yang selalu belajar rajin sebelum ulangan di sekolah yang saya tahu juga gak guna-guna amat sih buat sekarang ini. Belajar dari situ, seharusnya saya bisa lebih santai. Tapi tetap gak bisa. Sewaktu jadwal ujian dikeluarkan, saya pun segera menyusun jadwal tidak masuk kantor karena mau menemani Pagi belajar. Pokoknya emaknya gak mau kalah ribet. Issh emang dasar emak-emak kompetitif kali yah saya ini.

Pagi itu cerdas. Dia cepat sekali menangkap sesuatu yang baru. Dia sudah bisa menulis dengan lancar. Tulisannya bagus sekali. Kemampuan menghitungnya juga diatas rata-rata. Kelemahannya hanya di Bahasa. Banyak kata-kata yang masih belum dia mengerti. “Ramah itu apa?” “Saling melengkapi itu apa?” dan saya pun harus menjelaskan satu-satu. Nah, salah satu tantangan kami adalah pelajaran Agama. Susah yah belajar moral itu karena tidak ada rumus baku dan ketika saya bilang okay, ternyata gurunya enggak. Contoh pertanyaan: apa yang sebaiknya pertama kali dilakukan sehabis main di luar rumah? Pagi menjawab cuci tangan dan kaki. Dan ternyata salah saudara-saudara, menurut gurunya jawaban yang benar adalah memberi salam. Jeng jeng. Belum lagi pertanyaan-pertanyaan mengawang-awang. Untuk ujian agama kali ini, Pagi akan dites pengetahuannya tentang proses penciptaan di kitab Kejadian. Jiaaah…gatal rasanya pengin ngajarin dia tentang teori evolusi dan manusia purba.

Ah mungkin segala persiapan menjelang ulangan ini tidak hanya pembelajaran buat Pagi tapi buat saya juga. Saya juga harus belajar untuk memahami bahwa meski saya ingin Pagi mendapatkan hasil yang terbaik, saya juga harus menyakinkan diri saya untuk gak usah gitu-gitu amat kali, toh Pagi kan mau kuliah di jurusan seni hahahaha.

 

 

 

 

Advertisements

No Responses to “Tes tes tes”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: