psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

Liburan bersama anak ke Singapura tidak harus mahal

IMG_20180613_170928

Liburan sekolah akhirnya tibaaa. Anaknya boleh gembira. Emak emak yang biasanya deg-degan karena bakal kerempongan harus meladeni anak-anak di rumah. Saya yang ngantor Senin Kamis ini biasanya suka mati gaya.

Perlu diketahui liburan sekolah tahun ini panjang sekali karena dirapel dengan liburan puasa dan lebaran. Pagi praktis sudah libur dari akhir Mei dan akan kembali masuk tanggal 16 Juli. Luar biasa.

Untuk mencegah Pagi jenuh tingkat akut dan emaknya senewen, saya akhirnya mengajak anak-anak pergi mengunjungi bibinya yang tinggal di Singapura. Cukup 15 hari karena tiket ke sana lumayan mahal juga yah di bulan Juni. Salah sendiri juga sih beli tiket mepet-mepet. Tapi punya anak-anak masih piyik emang bikin agenda tak tertebak hingga last minute.

Agenda di sana pun tidak aneh-aneh. Saya hanya ingin mengajak anak-anak main ke playground yang seru-seru di Singapura. Anak girang, Ibunya apalagi karena gak perlu keluar duit. Beberapa kali ke Singapura, saya memang selalu mengajak anak-anak main ke playground mengulangi masa-masa indah di Australia yang tak kalah seru playgroundnya.

Kunjungan kali ini saya memutuskan untuk membawa anak-anak mencoba beberapa water playground. Iyaaah…di Singapura water playgroundnya seru-seru dan tidak hanya di taman tapi di mall. Kalau negara empat musim mungkin water playgroundnya kurang maksimal karena beroperasi pada musim panas dan semi saja. Tapi kalau di Singapura, setiap hari nampaknya kalau sedang tidak hujan.

Jika diperhatikan playground di Singapura itu berlimpah ruah. Di kompleks apartemen adik saya ada tiga biji dan semua bagus-bagus. Perbandingannya dengan Australia jauh lebih baik karena setahu saya di Melbourne, playground ada di setiap RW. Fasilitasnya pun gak main-main. Pernah saya dan anak-anak nyasar dan tiba-tiba kami menemukan playground keren di dekat stasiun MRT Marymount. Di playground yang juga terletak di sebuah komplek apartemen ini  masak ada trampolin dan flying fox. Apa-apaan iniih?? Saya yang deg-degan abis nyasar pun tak kuasa untuk rehat sebentar sambil membiarkan anak-anak bermain di playground yang sayang jika dilewatkan.

IMG_20180609_183522

IMG-20180610-WA0001

Di beberapa lokasi playground di apartmen bahkan ada alat-alat fitnesnya juga. Jadi anak-anak main, bapak-ibunya bisa berolahraga. Salut buat pemerintahan Singapura yang benar-benar memperhatikan kebutuhan warganya dari yang kecil sampai dewasa untuk bermain dan hidup sehat.

IMG_20180602_150142 (1)

Jadi kalau ngobrol dengan adik ipar yang bekerja jadi arsitek di Singapur. Disain playground itu ada dua. Ada yang seragam biasanya dibuat komplek-komplek hunian apartemen. Ada juga yang custom made. Ini biasanya ada di taman-taman dan ruang publik. Biro arsitek adik ipar saya kebetulan yang mendisain Bishan Park yang ternyata memenangkan beberapa penghargaan.

Jadi kalau pergi ke Singapura dan bawa anak-anak, tidak usahlah keluar duit banyak-banyak untuk mereka bermain. Ajak menginap di air bnb. Puas-puasin main di playground yang bagus-bagus di komplek apartemen. Kalau menginap di condominium, bahkan ada kolam renangnya juga. Ajak jalan-jalan ke taman dan mall dan temukan playground yang seru-seru.

Berikut ini beberapa daftar tempat playground yang seru yang pernah kami kunjungi

Far East Organization Children’s Garden 

DSCF0820

Lokasinya ada di Gardens by the Bay. Selain jalan-jalan sekitar taman, janganlah lewatkan Children’s Garden. Seru banget water playgroundnya. Setahu saya paling heboh muncratnya. Saya pikir daripada mengunjungi Flower Dome dan Cloud Forest yang tiketnya gak murah itu dan gak worth it juga. Lebih seru mungkin jalan-jalan di hutan beneran, yang Indonesia pasti lebih kaya. Jadi, lebih baik mampir ke Children’s Garden deeh…sehabis basah-basahan kita bisa mampir makan di Satay by the Bay, yang okaylah satenya di tingkat Singapura.

Admiralty Park

IMG-20180603-WA0008

Kata adik saya playground ini lumayan anyar dan disainnya bagus banget. Eh ternyata bener lho. Bagus banget dan seruuu. Yang tua-tua ajah banyak yang ikutan. Kompleksnya mengingatkan saya pada playground seru di daerah Brisbane. Saya lupa namanya tapi ada juga perosotan yang tinggi bangeet.

WhatsApp Image 2018-06-04 at 00.32.20

Eh eh disini saya juga melihat ada teknologi perosotan terbaru dari pipa. Jadi kejadian nyangkut di tengah-tengah perosotan gak mungkin terjadi. Adanya yah meluncur, meluncur dan meluncur.

WhatsApp Image 2018-06-04 at 00.32.19

Di kompleks ini dibagi dua playground. Pertama buat yang anak kecil yang kedua buat anak yang lebih besar. Tapi sama-sama serunya. Kalau mau mencari keringat di sinilah tempatnya. Kita bisa lari-larian bersama anak-anak sambil menjajal aneka rupa perosotan.

Bishan Park atau Ang Mo Kio Park

IMG_20180609_154759

Akhirnya kesempatan juga berkunjung ke Bishan Park. Meski nyasar, saya kalau disuruh balik lagi pasti mau. Tamannya bagus dan luas dan ada tiga lokasi playground. Yang pertama, wahana main pasir. Yang kedua, wahana main air. Yang ketiga, adventure park yang memang menantang tempatnya karena anak-anak harus manjat disana-sini.

IMG_20180609_175018

IMG_20180609_175843

Jacob Ballas Children’s Garden

IMG_20180610_154401

Singapura memang tidak cukup buat satu taman buat anak-anak, mereka ternyata perlu punya dua. Ini baru banget tempatnya. April tahun lalu ketika kami ke sana, belum dibuka tamannya. Tempatnya dan arena permainannya hampir mirip dengan The Ian Potter Foundation Children’s Garden yang di Melbourne. Lokasinya juga sama-sama di Kebun Raya setempat. Tapi saya rasa yang di Singapura lebih luas. Sayangnya belum semua jadi dan masih tutup. Oiya yang masuk ke sini kudu bawa anak, kalau enggak, gak boleh masuk.

IMG_20180610_155259

Yang seru tentu wahana water playgroundnya tapi sayangnya mungkin hanya pas untuk anak-anak di bawah 5 tahun. Tapi jangan kuatir, untuk anak-anak besar ada dua wahana tree house yang cukup seruu, saya ikutan mencoba dan cukup bikin keringetan saudara-saudara.

IMG_20180610_155559

Water playground

IMG_20180608_152919

Saran saya ketika pergi ke mall, coba cek apakah mall tersebut punya water playground. Ada beberapa mall yang menyediakan water playground nya dan gratis pula lhooo. Jadi sementara anak-anak sibuk main air, para orang tua bisa gantian jaga/hunting barang-barang belanjaan.

Sejauh ini saya dan anak-anak hanya menjajal water playground di mall dekat rumah saja. Itu saja sudah bahagia minta ampun mereka. Satu di Waterway point di dekat stasiun Punggol dan NEX di dekat stasiun Serangoon. Yang di Nex, lebih besar dan seru. Beberapa orang tua bahkan ada yang ikutan. Oiya jika beruntung, ibu-ibu muda bisa melihat bapak-bapak muda bertelanjang dada dan sebaliknya tentu saja hehehe.

IMG-20180617-WA0004

 

Untuk yang di taman, selain di Garden by the Bay, saya juga menemukan water playground seru dekat rumah adek saya di Punggol Waterway park. Enak tempatnya dan di bawahnya ada wahana pasir juga. Di Bishan Park, tipe water playgroundnya beda dengan yang biasanya muncrat-muncrat. Di sana water playgroundnya mengalir karena katanya menggunakan air resapan.

IMG_20180612_170545

Nah, petualangan hemat kali ini cukup sampai di sini saja. Sebenarnya masih pengin main di banyak tempat seperti di Tiong Bahru atau water playground yang seru di Sentosa Island dan Marina Barrage. Tapi kita simpan buat kunjungan berikutnya saja.

IMG_20180613_163212

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

No Responses to “Liburan bersama anak ke Singapura tidak harus mahal”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: