psychopatika
the not so ordinary life of a young-at-heart mother of two and wordsmith

Las lis lus LES los

IMG-20191214-WA0005

Saya mengamini seorang teman yang pernah bilang bahwa ketika orang tua memutuskan anaknya untuk les maka hal yang penting lainnya adalah komitmen orang tua untuk mendukung anaknya. Ini bukan hanya perkara uang tapi juga waktu, perhatian dan perasaan.

Karena pertimbangan itulah, saya selalu berpikir panjang sebelum mengikutkan anak les. Bukan hanya masalah biaya tapi juga komitmen saya dan suami, setidaknya untuk bisa mendedikasikan waktu kami untuk menemani mereka les, atau mengantar jemput mereka.

Kami tetap memberikan hak suara penuh kepada anak-anak untuk memilih les apa yang mereka suka tentunya, tapi lagi-lagi kami perlu mengukur kemampuan kami dalam memegang komitmen kami itu.

IMG-20191209-WA0003

Dengan pertimbangan ini itu saja, hari-hari kami dalam seminggu sudah dipenuhi dengan jadwal antar jemput les anak-anak. Senin: les balet Pagi, Rabu: les piano Pagi, Kamis: les balet Pagi, Jumat: les renang Nyala dan Pagi, Sabtu: les balet Nyala. Hanya Selasa dan Minggu waktu lowong yang kami punya.

IMG-20191208-WA0053

Semua inisiatif datang dari anak. Makanya sampai sekarang kegiatan les ini masih awet. Pagi yang mulai les balet dari umur 4 tahun, sampai sekarang masih semangat. Begitu juga dengan renangnya. Hanya saja untuk piano memang ada sedikit paksaan dari ayahnya. Akibatnya, saya melihat Pagi dengan les pianonya tidak seantuas ketika dia les renang atau balet. Untuk Nyala, sejauh ini dia hanya meniru yang kakaknya lakukan. Sebelum mulai les balet, dia sudah sering kali diajak menemani Pagi les balet. Saya pun harus berpikir keras untuk akhirnya mengiyakan Nyala ikut les balet, karena saya ragu saya punya waktu dari yang tadinya hanya 2x seminggu ke tempat les balet menjadi 3x. Dudududu. Tapi ketika anaknya sudah merengek, apa daya kami untuk menolak.

Bukan hanya waktu, orang tua juga harus urun semangat dan perhatian juga perasaan. Ketika ujian les balet, saya pun harus memastikan Pagi siap dan tahu apa yang harus dilakukan ketika ujian. Ketika ujian piano kemarin juga begitu, Pagi memang sudah lancar memainkan lagu yang diujiankan, tapi untuk masalah mendengarkan nada dia masih belum menguasai. Dan tentu saja pas ujian tidak bisa. Dia pun menangis. Saya pun mencoba menjelaskan bahwa itu tidak apa-apa dan wajar, lha wong dia gak pernah latihan hearing hanya latihan saja. Jadi untuk urusan deg-degan seperti itu, orang tua juga harus siap.

IMG-20191027-WA0000

Belum lagi ketika ikut lomba.

Untuk renang, kebetulan Pagi mewakili sekolahnya untuk lomba antar kecamatan. Waduuuh antara bangga dan cemas saya dibuatnya. Waktu seleksi tingkat kelurahan, dia sempat berhenti di tengah ketika lomba gaya bebas. Ketika itu, saya memang menemaninya, tapi harus meninggalkannya sebelum lomba gaya kupu-kupu dimulai karena saya harus pergi ke kantor. Duh. Nah untuk lomba tingkat kecamatan, saya sudah menjelaskan kenapa Pagi bahwa menang itu tidak penting, yang penting berusaha semampumu. Tapi ternyata pada hari H, anaknya nangis lagi pada lomba awal gaya kupu-kupu (hah emang cengeng seperti mboknya). Waktu itu saya belum datang karena harus mengajar terlebih dahulu. Untungnya di nomor gaya lainnya, dia bisa sampai garis finish dengan lancar, meski tidak jadi juara. Tidak heran karena lawannya adalah anak-anak yang sudah masuk klub renang yang latihannya setiap hari, sedangkan Pagi hanya latihan seminggu sekali saja. Dan anaknya ketika ditawari ptidak mau ikut klub, syukurlah, ibunya pun tidak sanggup untuk mengantar setiap hari hehehe.

IMG_20200227_150827

Jadi sebelum meleskan anak, setidaknya ada 2 yang harus dipastikan:

  1. Apakah itu memang kemauan anak?
  2. Apakah orang tua siap untuk menyediakan waktu, tenaga dan perasaaan untuk mendukung anak?

Kalau iya, tidak ada salahnya membiarkan mereka mengembangkan bakat mereka di luar sekolah dengan les.

 

 

 

 

 

No Responses to “Las lis lus LES los”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: